Ramah Anak, Ini 7 Tempat Liburan di Bali yang Seru Buat Keluarga

Bali masih menjadi destinasi liburan terfavorit yang wajib dikunjungi minimal sekali seumur hidup. Pulau yang kecantikannya terkenal di berbagai penjuru dunia ini, memiliki banyak sekali tempat liburan yang dapat dikunjungi khususnya bersama keluarga.

Ketika berlibur bersama keluarga, tentunya kita akan menyesuaikan tempat berlibur sebagaimana mestinya. Apalagi jika membawa buah hati. Mau tidak mau kita harus memilih tempat yang pas untuk usia mereka. Baik dari segi keamanan maupun kenyamanan. Begitu juga dengan 7 tempat di Bali ini. Selain bisa buat anak bahagia, banyak nilai edukatif yang anak terima.

1. Bali Treetop Adventure Park

Wahana bermain yang berada di dalam kawasan Kebun Raya Bedugul ini, menawarkan berbagai macam permainan outdoor seru seperti swing, tarzan jumps, flying fox, spidernets, dan masih banyak keseruan lainnya yang dapat ditemukan di sini.

Berlokasi di Baturiti, Kabupaten Tabana, Bali Treetop Adventure Park buka setiap hari dari pukul 09.30-18.00 WITA. Harga tiket masuk ke wahana berkisar 125 ribu hingga 230 ribu rupiah, tergantung usia. Ada juga lho harga paket keluarga hanya dengan membayar 580 ribu rupiah saja.

2. Alas Kedaton

Penting sekali mengajarkan anak tentang alam dan sekitarnya sejak usia dini. Selain memberikan wawasan kepada anak tentang pentingnya menjaga alam sekitar. Mereka pun dapat lebih peduli dengan lingkungan sekitar dan tumbuh menjadi generasi pelestari lingkungan.

Alas Kedaton menjadi satu rekomendasi objek wisata alam yang berada di Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabana. Wisata ini merupakan hutan luas yang dihuni oleh kurang lebih 2000 ekor kera. Harga tiket masuk cukup terjangkau, hanya 20 ribu rupiah.

Di dalam hutan terdapat pula pura yang bernama Puri Alas Kedaton yang dapat kalian hampiri juga. Buka setiap hari dari pukul 08.00-19.00 WITA menikmati nuansa alam di Alas Kedaton sangatlah menyenangkan.

3. Bali Fun World

Menjadi taman bermain indoor terbesar di Bali, bahkan Indonesia. Bali Fun World, wahana bermain yang gak bakal ditolak oleh anak untuk dikunjungi. Dirancang khusus dengan memperhatikan kenyamanan dan keamananan, di sini anak-anak dapat mencoba banyak permainan seperti kolam bola, mini basket, soft play bricks, trampolin, mini slide, dan masih banyak lainnya.

Agar anak-anak menikmati permainan, pengelola Bali Fun World mengkualifikasi permainan berdasarkan usia. Jadi, untuk para orang tua yang memiliki balita gak usah khawatir! Karena di sini, anak-anak akan bermain dengan rekan seusianya.

Bali Fun World buka pada pukul 09.00-16.00 WITA. Wahana permainan yang beralamatkan di Sukawati, Kabupaten Gianyar ini memiliki tarif masuk sekitar 45 ribu rupiah per orang. Gak hanya permainan, Bali Fun World menyediakan pula tempat untuk beristirahat, kantin, dan kamar mandi.

4. Taman Nusa

Ingin mengajarkan anak tentang kebudayaan Indonesia selagi berlibur ke Pulau Bali? Kunjungi saja TMII ala Bali ini, yaitu Taman Nusa. Taman yang dilengkapi dengan fasilitas lain seperti auditorium, restoran, ruang pameran, hingga toko suvenir ini, memiliki tujuan pendirian untuk mempermudah memberikan informasi mengenai kebudayaan Indonesia khususnya kepada anak-anak yang menjadi generasi penerus bangsa.

Di sini, pengunjung akan mendapati keberadaan replika Candi Borobudur, 60 rumah adat yang ada di Indonesia, patung Maha Patih Gajah Mada, dan masih banyak lainnya. Terletak di Gianyar, tiket masuk ke Taman Nusa cukup terjangkau lho! Dengan membayar 70 ribu rupiah, pengunjung dapat menjelajahi setiap sudut taman.

5. Ketut’s Bali Cooking Class

Tempat yang satu ini selain seru, bisa bikin perut kenyang. Jika berlibur ke Bali dengan waktu yang cukup lama, tidak ada salahnya mengajak buah hati ke Ketut’s Bali Cooking Class yang terletak di Jalan Raya Laplapan Banjar, Ubud. Tempat ini menawarkan kelas memasak makanan khas Bali dengan metode belajar yang menyenangkan.

Didampingi oleh Chef Ketut, sang pemilik dan instruktur memasak. Belajar dimulai dengan belanja bahan baku ke pasar tradisional, hingga ke materi inti yaitu mengelola masakan sesuai menu khas Bali. Untuk berpartisipasi mengikuti kelas ini, masing-masing peserta membayar sekitar 350 ribu rupiah.

6. Dreamland Waterpark Pecatu

Terletak di Kabupaten Badung, Dreamland Waterpark Pecatu adalah wahana permainan air yang cukup ramai pengunjung. Dengan biaya masuk 60 ribu rupiah bagi wisatawan domestik dan 70 ribu rupiah untuk wisatawan asing, wahana bermain ini buka setiap hari mulai pukul 09.30-17.30 WITA pada hari biasa, dan tutup lebih lama 30 menit pada akhir pekan.

Untuk melengkapi keseruan bermain di wahana ini, pengelola menyewakan fasilitas lain seperti pelampung. Gak cuma bermain air maupun berenang. Anak-anak juga dapat menikmati serunya bermain trampolin, flying fox, dan lainnya.

7. Dream Museum Zone

Mesir, aquarium, safari, olah raga, Indonesia, dream park, Venice, Korean Pavilion, ialah beberapa tema ruangan yang ada di Dream Museum Zone. Buka setiap hari dari pukul 09.00-22.00 WITA, kamu beserta keluarga dapat menjumpai museum kece ini di Jl. Nakula No.33X, Legian, Kuta.

Jalan-jalan menelusuri ruang di museum 3D ini memiliki banyak manfaat terutama bagi anak-anak. Selain memperkenalkan nilai seni, melihat karya seni 3D mampu mengelola imajinasi anak-anak. Sehingga mereka mampu berpikir kreatif sejak dini. Untuk dapat berfoto ria dengan gambar-gambar 3D yang super kreatif dan unik, kamu cukup merogoh kocek sekitar 50 ribu hingga 150 ribu rupiah.

Bagaimana? Berminat untuk mengunjungi salah satunya? Jangan lupa masukkan ke daftar liburanmu dari sekarang juga, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *