Instagramable! 7 Wisata Murah Bak Luar Negeri Ini Ada di Jawa Timur

Dijamin gak bikin kantong jebol!

Libur akhir tahun sudah di depan mata, dan pastinya tempat-tempat wisata akan dipenuhi oleh banyak orang yang berlibur bersama dengan keluarga dan orang terkasih. Tak jarang juga bagi orang yang berdompet tebal akan menghabiskan libur akhir tahunnya di luar negeri, karena di luar negeri pemandangannya lebih indah serta memiliki banyak spot foto menarik yang bakalan memperindah feed instagramnya.

Tapi Jangan berkecil hati dulu bagi kamu yang memiliki budget terbatas. Di Jawa Timur juga banyak destinasi wisata yang struktur bangunan dan suasananya seperti di luar negeri. Harga tiket masuknya juga murah meriah dan bahkan ada juga yang gratis.

Penasaran di mana lokasi wisatanya? Berikut ulasan 7 wisata murah bak luar negeri di Jawa Timur yang spot fotonya bakalan memperindah feed instagram kamu. Selamat berlibur ya!

1. Gua Gong di Pacitan


Gua Gong merupakan destinasi wisata goa di Pacitan yang menawarkan pemandangan indah dari stalakbutit dan stalakmitnya yang sangat menakjubkan. Goa ini bahkan menjadi salah satu wisata unggulan di Pacitan selain Pantai Klayar.

Pemandangan yang indah di dalam Goa Gong tidak kalah dengan Goa Phong Nha yang ada di Vietnam, bahkan banyak orang yang mengatakan bahwa Goa Gong ini mirip dengan goa yang ada di Vietnam itu.

Goa Gong berada diantara gunung-gunung berapi yang non aktif di Jawa Timur, seperti Gunung Gede di sisi timur, Gunung Grugah di sisi barat, Gunung Prulut di sisi selatan dan Gunung Gede di sisi utara.

Kedalaman Goa ini mencapai 256 meter dan dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk menelusuri kesuluruhan area yang ada di Goa Gong. Untuk menikmati keindahan Goa ini dikenakan tarif sebesar Rp5.000 untuk anak-anak, dan Rp10.000 untuk orang dewasa. Berminat untuk berpetualang di goa ini?

2. Simpang Lima Gumul di Kediri


Simpang Lima Gumul yang berada di Kabupaten Kediri ini merupakan monumen yang sangat terkenal di Kabupaten Kediri serta memiliki peranan yang sangat penting bagi perekonomian masyarakat yang ada di sekitarnya.

Monumen ini sangat mirip lho dengan Monumen Arc De Triomphe yang terkenal di kota Paris, Prancis. Meskipun sangat mirip dengan Monumen Arc De Triomphe, Simpang Lima Gumul juga memiliki perbedaan dengan monumen yang terkenal di Paris tersebut, yaitu detail ukirannya yang berbeda.

Monumen ini terdiri 6 lantai yang ditumpu oleh 3 tangga setinggi 3 meter dari lantai dasarnya. Monumen ini dijadikan tempat pagelaran seni budaya hingga pameran produk-produk unggulan Kabupaten Kediri, selain itu juga sering dijadikan tempat untuk event lomba seperti drag race atau gathering dari berbagai komunitas yang ada di Kediri.

Di Simpang Lima Gumul ini kamu tidak akan dimintai tiket masuk karena gratis, kamu hanya perlu membayar biaya parkirnya saja sebesar Rp2.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp5.000 untuk mobil. Murah meriah sekali bukan?

3. Hutan Bambu di Keputih, Surabaya


Hutan bambu Keputih ini merupakan wisata yang lagi hits lho di Kota Surabaya. Keindahan alami hutan bambu ini mirip dengan hutan bambu Sagano yang ada di Jepang. Di dekat hutan bambu ini juga terdapat Taman Sakura yang biasa disebut dengan Taman Harmoni.

Di taman ini juga terdapat bunga balareja yang ternyata mirip dengan bunga sakura yang ada di Jepang. Untuk menikmati keindahan hutan bambu ini juga tidak dimintai tiket masuk, yaitu gratis. Wah, bisa jadi tempat liburan alternatif nih di tanggal tua!

4. Bukit Kapur Jaddih di Madura


Bukit Kapur Jaddih yang ada di Bangkalan, Madura ini lagi hits lho di kalangan wisatawan lokal terutama di kalangan anak muda. Spot-spot fotonya instagramable banget karena pemandangan bukit kapurnya yang sangat menakjubkan. Dahulu sebelum menjadi tempat wisata, Bukit Jaddih ini merupakan sebuah penambangan batu kapur putih.

Di Bukit Kapur ini nantinya kamu gak hanya bisa menikmati pemandangan dari atas saja, tetapi juga bisa menikmati sebuah pemandian alami yang letaknya di tengah-tengah bukit kapur, masyarakat di sekitar kawasan ini menyebutnya dengan “Aeng Goweh Poteh” yang artinya adalah Air Gua Putih.

Bukit Jaddih ini mirip lho dengan Cappadocia di Turki, yang merupakan wisata paling populer di Turki setelah Istanbul. Gak heran banyak wisatawan yang rela menempuh medannya yang lumayan sulit demi bisa melihat keindahan bukit kapur yang menakjubkan serta bebas berselfie ria dengan tiket masuk yang sangat terjangkau, yaitu sebesar Rp10.000/orang. Boleh juga dicoba buat kamu yang gemar travelling anti mainstream!

5. Taman Labirin Coban Rondo di Batu


Taman labirin yang berada satu kawasan dengan Coban Rondo, Batu ini mirip lho dengan taman labirin yang ada di Istana kerajaan Inggris yaitu Hampton Court Palace di Surrey. Hanya luasnya saja yang berbeda dengan taman labirin yang ada di kerajaan Inggris ini

Di taman labirin ini kamu akan puas berselfie ria karena tempatnya yang sangat luas dan tentunya bakalan menghasilkan foto-foto yang instagramable banget karena spot-spot fotonya yang kece abis. Untuk bisa bermain dan berselfie di taman labirin ini, kamu akan dikenai tiket masuk sebesar Rp10.000/orang.

6. Taman Bunga Selecta di Batu


Taman Bunga Selecta merupakan wisata tertua di Kota Batu yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Kini Taman Bunga Selecta dipugar menjadi lebih menarik dan kekinian. Di taman bunga ini, para pengunjung tidak hanya menikmati keindahan taman bunga ala Eropa saja, serta juga bisa berenang di kolam renang yang berada di kawasan wisata ini dan memainkan beberapa wahana permainan yang ada di taman bunga ini.

Tiket masuk di Taman Bunga Selecta sebesar Rp30.000/ orang dengan fasilitas gratis meliputi kolam renang, toilet dan juga mushola. Untuk beberapa wahana seperti flying fox, perahu bebek, sky bike dan pemandian air panas akan dikenakan tarif yang berbeda-beda.

Taman bunga yang berlokasi di Batu ini beroperasi dari jam 06.00-18.00, baik itu weekday maupun weekend.

7. Rumah Hobbit di Coban Rais Batu


Rumah Hobbit yang berada di Coban Rais Batu ini, pembuatannya terinspirasi dari film Hollywood yang berjudul The Hobbit. Rumah Hobbit Coban Rais ini sekilas mirip lho dengan Rumah Hobbit yang ada di Selandia Baru.

Rumah Hobbit di Coban Rais ini terdiri dari berbagai warna, yaitu kuning, biru dan merah mudah dan masing-masing Rumah Hobbit ini dibangun dengan ktinggian sekitar 150 cm.

Para pengunjung di Coban Rais ini sangat antusias berselfie ria di Rumah Hobbit ini karena latar belakang Rumah Hobbit yang berupa perbukitan dan Batu Flower Garden, akan menghasilkan foto yang sangat bagus. Tiket masuk ke Rumah Hobbit di Coban Rais ini sebesar Rp25.000/ orang.

Sudah siap untuk menentukan akan berlibur ke mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *