Ini 5 Festival Sambut Tahun Baru Paling Ditunggu di Indonesia, Kuy!

Referensi untuk yang masih bingung tahun baruan di mana

Tahun 2018 tersisa empat hari lagi, artinya tahun 2019 sudah di depan mata! Mayoritas, baik masyarakat dunia maupun Indonesia biasa menyambut sukacita tahun baru dengan menggelar pesta kembang api.

Tetapi selain itu, di Indonesia sendiri punya banyak sekali festival yang diadakan pada akhir tahun, atau menjelang tahun baru yang unik dan berbeda. Mulai dari kesenian, musik, hingga street festival, semuanya ada!

Nah, kalau kamu sedang mencari rekomendasi acara yang worth untuk didatangi sembari berlibur di akhir tahun, 5 festival yang katanya paling dinanti masyarakat di Indonesia ini bisa jadi jawaban, lho. Apa saja ya?

1. Borobudur Nite


Borobudur Nite Festival menjadi event pertama yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat, yang ingin menghabiskan malam tahun baru sambil menikmati langit Borobudur yang berhias ribuan lampion.

Yap! Hal yang paling khas dan menarik dari festival ini adalah tradisi lepas lampion. Tak tanggung-tanggung, pada tahun 2018 ini panitia Borobudur Nite Festival menyediakan total 1500 lampu LED untuk diterbangkan, lho!

Acara yang kali ini diberi tajuk New Year’s Eve ‘A Night of Happiness in Colour’ tersebut akan dilaksanakan pada malam pergantian tahun, dibuka mulai pikul 19.00 WIB. Acara tersebut menghadirkan sejumlah guest star seperti Gafarock Band, Easycapella, serta Larva Band.

2. Denpasar Festival


Acara selanjutnya datang dari salah satu kota besar di pulau dewata Bali, yakni Denpasar. Event tahunan yang rutin diadakan pada akhir tahun, Denpasar Festival, pada tahun 2018 sudah menjadi agenda yang diadakan untuk kesebelas kalinya, lho..

Kali ini, acara tersebut mengusung tema Urban Playground, karena ingin tetap melestarikan permainan-permainan tradisional di kalangan pemuda.
Dilaksanakan pada tanggal 28-31 Desember 2018 bertempat di Lapangan Puputan Badung, acara ini cocok banget kamu pilih jika ingin menyambut pergantian tahun dengan menikmati pertunjukan, street festival, heritage culinaire, atau merasakan sensasi bermain permainan jaman dulu.

3. ‘Festival of Light’ Kaliurang


Bertempat di Kaliurang, Sleman, Yogyakarta, ‘Festival of Light’ menjadi acara penutup tahun selanjutnya yang paling diminati di Indonesia.

Jika festival sebelumnya dilaksanakan beberapa hari saja, maka untuk ‘Festival of Light’ ini kamu bisa memuaskan diri. Pasalnya, acara tersebut sudah digelar sejak 15 Desember 2018, dan masih akan berakhir pada 20 Januari 2019.

Mengusung tema Love In The Air, cocok banget untuk kamu yang ingin menyambut tahun baru bersama pasangan dan keluarga, sambil menikmati water display, atau Dancing Fountain Singapura ala Yogya ini.

4. Lovely Desember-Toraja


Festival selanjutnya yang tak kalah menarik dan recommended abis untuk mengisi libur akhir tahunmu adalah Lovely December, atau yang juga disebut Kemilau Toraja.

Digelar selama bulan Desember, acara yang dibuka dengan prosesi Getaran Sukma Ilahi tersebut kali ini diberi tajuk Wonderful Toraja. Saking menariknya, festival yang rutin digelar di Tana Toraja ini bahkan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 23 lalu.

Sebagai puncak acara, Lovely December yang menyuguhkan berbagai atraksi seni, kuliner, serta berbagai tradisi tersebut dijadwalkan berlangsung pada tanggal 28 Desember.

5. Jakarta Musical Firework


Sebagai Ibukota Indonesia, memang rasanya tak mungkin kalau Jakarta tidak turut merayakan momen pergantian tahun dengan perhelatan besar.

Seperti yang sudah-sudah, Taman Impian Jaya Ancol tahun ini kembali mengadakan Ancol Gempita Festival yang digelar pada 31 Desember 2018-1 Januari 2019, dengan tema Energi Semangat Bersama. Pas banget untuk boosting semangat menyambut tahun dan impian baru.

Bertempat di Pantai Ancol Lagoon, akan digelar juga pesta kembang api terbesar dan paling dinanti, yaitu Jakarta Musical Fireworks. Di sana kamu tak hanya akan dihibur oleh penampilan segudang artis ibukota, melainkan juga akan merasakan serunya nonton kembang api yang fantastik abis!

Nah, sekarang sudah gak bingung lagi mau tahun baruan di mana, kan? Tetap jaga diri, ya. Semoga akhir tahun 2018 kita tutup dengan baik dan bahagia. Selamat tahun baru!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *