Indah Banget, 5 Taman Laut Indonesia Ini Bikin Betah Menyelam!

Indonesia memang terkenal kaya akan keindahan alamnya. Terdiri dari ribuan pulau dan wilayah perairan yang luas membuat Indonesia memiliki pemandangan bawah laut yang sangat menawan.

Bagi kamu yang hobi menikmati keindahan bawah laut, 5 taman laut ini dijamin bisa menghipnotismu dengan kecantikan terumbu karangnya.

1. Taman Laut Bunaken

Indah Banget, 5 Taman Laut Indonesia Ini Bikin Betah Menyelam!Instagram.com/genpi.sulut

Taman laut Bunaken terletak di Provinsi Sulawesi Utara. Perairannya sungguh kaya akan keanekaragaman hayati. Taman Laut Bunaken menjadi rumah bagi sekitar 390 spesies koral, berbagai jenis ikan, mamalia laut, dan moluska.

Di sini ada 20 spot penyelaman yang bisa kamu coba untuk menikmati keindahan bawah laut yang keindahannya gak ada habisnya ini. Untuk kamu yang hobi menyelam, luangkan waktu agak lama untuk jalan-jalan ke Bunaken ya.

2. Taman Laut Kepulauan Raja Ampat

Indah Banget, 5 Taman Laut Indonesia Ini Bikin Betah Menyelam!Instagram.com/g_hanafiah

Siapa yang tak kenal Raja Ampat? Salah satu tujuan wisata favorit yang jadi impian banyak wisatawan baik itu lokal maupun mancanegara. Taman Laut Raja Ampat dinobatkan menjadi taman laut terbesar yang ada di Indonesia lho.

Taman laut ini memiliki 75 persen dari total spesies koral di dunia, lebih dari 1000 spesies ikan karang, dan 700 jenis moluska. Di sini kamu dapat melihat ikan pari manta, wobbegong, tuna serta barracuda. Bagi kamu yang hobi snorkeling atau diving, wajib mengunjungi tempat ini.

3. Taman Laut Takabonerate

Indah Banget, 5 Taman Laut Indonesia Ini Bikin Betah Menyelam!Instagram.com/jo_sida

Terletak di Kecamatan Takabonerate, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, taman laut ini menjadi salah satu yang terindah di Indonesia.

Taman Laut Takabonerate adalah taman laut yang mempunyai kawasan atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa. Kekayaan bawah lautnya dapat kamu nikmati bahkan dengan jarak yang tidak terlalu dalam sekalipun. Indah banget!

4. Taman Laut Banda

Indah Banget, 5 Taman Laut Indonesia Ini Bikin Betah Menyelam!wwf.or.id

Taman Laut Banda terletak di Kabupaten Maluku Tengah, di gugusan Pulau Neira, pulang Gunung Api, Pulau Sjahrir, dan Pulau Hatta.

Karena keindahannnya, pada tahun 2006 Taman Laut Banda dipilih menjadi Kawasan Warisan Dunia untuk surga bawah laut Indonesia lho. Sekitar 310 jenis terumbu karang dan sekitar 871 spesies ikan membuat taman laut ini menjadi salah satu taman laut terindah di Indonesia bahkan dunia.

5. Taman Laut Kepulauan Derawan

Indah Banget, 5 Taman Laut Indonesia Ini Bikin Betah Menyelam!Instagram.com/hallo.shiro

Terletak di Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, taman laut ini sudah mendunia. Tempat ini memiliki sekitar 28 spot menyelam yang sudah diakui oleh dunia internasional.

Dengan keanekaragaman hayati yang sangat indah, di sini kamu bisa menjumpai 460 jenis koral dan 836 spesies ikan karang. Selain itu di Taman Laut Kepulauan Derawan terdapat spesies yang dilindungi yang keberadaannya terancam punah seperti Penyu Hijau, Penyu Sisik, Paus, Lumba-Lumba, Kima, Ketam Kelapa Duyung, Ikan Barakuda dan beberapa spesies yang dilindungi lainnya

Nah, itulah 5 taman laut yang bisa jadi referensimu untuk liburan. Bagi kamu yang suka snorkeling ataupun diving, keindahan taman laut diatas jangan sampai terlewatkan ya.

 

 

sumber : Ayu. K

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *