Butuh Me Time? Coba Pergi ke 5 Wisata Alam di Sulsel Ini, Guys!

Memiliki berbagai aktivitas yang padat setiap harinya kadang meninggalkan rasa jengah. Belum lagi ditambah permasalahan di luar dunia kerja yang terkadang membuat sakit kepala. Jika sudah seperti ini, kamu seringkali melamun untuk di saat tertentu. Meski kamu tetap mencoba tangguh dengan menyelesaikan pekerjaan yang ada di depanmu.

Sayangnya, hal-hal yang seperti ini tidak cukup baik bagi kondisi psikismu. Rupiah yang kalian hasilkan pun tidak akan bermakna jika jiwa kamu terluka. Jiwa yang lelah perlu jeda untuk kembali ceria.

Jika sudah demikian, berarti ini saatnya kamu butuh me time. Waktu khusus untuk ‘menyendiri’, salah satunya dengan melakukan wisata alam. Soal ini gak perlu bingung. Indonesia punya banyak tempat yang layak dikunjungi. Cek aja lima tempat yang ada di Sulawesi Selatan berikut ini.

1. Malino Highlands


Gak cuma di Jawa, Sulawesi Selatan juga punya wisata kebun teh yang sering disebut dengan Malino Highlands. Terletak di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, lokasi ini memiliki hamparan teh seluas 200 hektar.
Di Malino Highlands, kamu dapat melepas penat dengan menikmati pemangan hijau serta udara sejuk yang sulit didapatkan di perkotaan. Selain itu, kamu juga dapat melakukan aktivitas lain seperti berkuda, bersepeda, mengunjungi taman satwa atau mencoba jalur tracking yang ada di sana.

2. Air Terjun Takapala


Tidak jauh dari Malino Highlands, kamu dapat melakukan terapi alami melalui sejuknya udara di sekitar Air Terjun Takapala. Gemericik suara air yang ada di sana juga dapat membantu kamu merasa nyaman dan lebih rileks.

Hal tersebut diungkapkan oleh Orfeu Buxton, seorang peneliti dari Live Science. Miliki ketinggian mencapai 109 meter dan arus air yang konstan menyebabkan terjadinya fenomena kabut pelangi di kaki air terjun. Ini adalah keindahan lain yang dapat kamu nikmati jika berkunjung kemari.

3. Rammang-rammang


Kamu tipikal orang yang menyukai tantangan? Barangkali ini tempat yang cocok untuk kamu datangi. Rammang-rammang. Terletak di Salenrang, Kabupaten Maros, lokasi ini merupakan kawasan karst terbesar kedua setelah karst Yunnan yang ada di Tiongkok Selatan.

Sebelum sampai di sini, kamu harus terlebih dahulu menyusuri sungai dengan kapal yang sudah tersedia di dermaga. Sesampainya di Rammang-rammang, kamu dapat menyaksikan pemandangan hijau dengan latar karst yang kokoh.
Menjadi bagian dari ekowisata, membuat segala bentuk kegiatan cukup dibatasi. Meski demikian, kamu bisa menjajal ketenangan yang ada di sana dengan bermalam di penginapan milik warga.

4. Pulau Kapoposang


Kurang tertarik dengan suasana bernuansa hijau? Lebih suka eksplorasi dunia bawah laut? Kamu bisa coba mengunjungi Pulau Kapoposang. Mendapat gelar “Surga Bahari” tentunya bukan tanpa alasan. Diakui memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi menjadikan pulau ini sebagai salah satu spot diving terbaik di Sulawesi Selatan.

Tidak hanya itu, di sini juga merupakan habitat penyu sisik. Masuk di wilayah administratif Kabupaten Pangkep, pulau ini menyuguhkan keunikan yang lain. Kamu dapat menyaksikan secara langsung kehidupan para tukik–anak penyu yang sedang berada dalam tahap konservasi.

5. Tanjung Bira


Dari Pangkep beralih ke Bulukumba. Ada salah satu pantai yang menarik untuk dikunjungi bernama Tanjung Bira. Miliki gradasi warna yang tidak kalah cantik dengan Raja Ampat, pantai ini juga miliki pasir sehalus tepung.

Tak hanya itu, pesona Tanjung Bira juga sudah terkenal sampai di mancanegara. Dilansir dari color-medicine.com, perpaduan warna semacam Tanjung Bira dapat membantu harmonisasi pada proses sirkulasi, meredakan sakit kepala serta mengatasi gangguan tidur.

Menarik sekali bukan? Ternyata mengunjungi wisata alam memiliki manfaat yang cukup penting bagi kesehatan mental. Terutama bagi kamu yang punya segudang aktivitas setiap harinya.

Sekali-kali gak masalah kok pergi ke suatu tempat. Lagipula, jatah cuti kamu mau diapakan jika tidak dipakai untuk jalan-jalan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *