9 Destinasi Unik di Tegal, Jangan Cuma Tahu Logat Ngapaknya Aja!

0 Comments


Mungkin selama ini kita hanya tahu bahwa Tegal itu identik dengan warung Tegal dan dialek ngapaknya yang khas. Padahal tak cuma itu saja, lho.

Kota yang terletak di Jawa Tengah ini menyimpan destinasi-destinasi indah yang wajib kamu kunjungi sekali seumur hidup. Di Tegal, kamu bisa menemui banyak wisata yang cantik nan ciamik. Mau tahu apa saja? Berikut 10 destinasi wisata Tegal yang memukau mata para pelancong.

1. Batu Agung, Balapulang, Tegal


Batu Agung adalah sebuah bukit batu yang terletak di kecamatan Balapulang. Bukit ini juga terkenal dengan goanya yang dihuni kumpulan kelelawar. Untuk mencapai puncaknya, kamu harus berjalan sekitar 30 menit dan mendaki batu-batuan. Namun perjalanan itu bakal terbayar dengan keindahan panorama di puncak bukit.

2. Curug Cantel, Kalipedes


Rasakan derasnya hempasan air terjun setinggi 60 meter di Curug Cantel. Untuk mencapai lokasi ini, kamu perlu trekking dengan melawan aliran air sungai sepanjang 400 meter. Lokasi tempat ini ada di Pedukuhan Kalipedes, Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.

3. Batu Ancik atau Bukit Rangkok, Pagerwangi, Balapulang


Berdekatan dengan Batu Agung, ada juga puncak bukit batu bernama Batu Ancik atau Bukit Rangkok. Puncak bukit batu ini berada di ketinggian atas 384 meter di atas permukaan laut. Saat kamu sudah berada di puncak, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Slamet dengan lanskap yang begitu jelas dan bersih.

4. Danau Beko, Jatilaba, Margasari


Danau ini terletak di Kecamatan Margasari. Banyak yang mengatakan danau ini ajaib karena kemunculannya yang tiba-tiba. Tapi, sebenarnya danau ini berada di sekitar area penambangan kapur yang memiliki danau bawah tanah. Kemudian, tanah di atas danau ambles. Nah, muncullah Danau Beko ke permukaan.

5. Curug Jedor, Guci, Bumijawa


Air terjun ini berada dekat dengan pemandian air panas Guci. Area sekitarnya dipenuhi berbagai jenis tanaman karena selalu tersiram air dengan debit yang relatif stabil. Sesekali penduduk sekitar bermain-main di arena ini untuk menambang pasir.

6. Pantai Alam Indah


Jauh sebelum ada hutan mangrove, sebenarnya Pantai Alam Indah telah menjadi destinasi wisata andalan Tegal. Pengelolaan pantai menjadi tanggung jawab bersama Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga. Maka tak aneh kalau terkadang ada pertunjukan kesenian di sini. Kamu sudah pernah ke sini, belum?

7. Pemandian Air Panas Guci


Pemandian air panas Guci adalah salah satu destinasi wisata yang tak pernah sepi pengunjung di Tegal. Lokasi pemandian ada di pebukitan atau dataran tinggi, sehingga udara segar nan sejuk khas pegunungan selalu mengiringi.

8. Pantai Muarareja


Sebelah barat Pantai Alam Indah, kamu akan menemukan Pantai Muarareja. Kondisinya masih alami karena belum banyak dijamah. Bibir pantainya dipenuhi tumpukan batu untuk mencegah pengikisan air laut. Lahan di sekitarnya dimanfaatkan warga, yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan, untuk menjemur ikan dan udang.

9. Waduk Cacaban


Lokasi tempat ini ada di Kecamatan Kedungbanteng dan dikelilingi panorama berupa hutan juga tanaman hijau. Waduk ini juga menyediakan area perkemahan. Kamu juga bisa menikmati wisata warung makan sambil jalan-jalan. Bisa juga dengan berlayar ke tengah-tengah untuk menikmati segarnya 90 juta meter kubik air yang tertampung di sini.

Setelah tahu beberapa destinasi indah di Tegal, masih mengulur waktu untuk segera ke sana? Tunggu apa lagi? Yuk, ke sana!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

Categories

Archives