7 Tempat Wisata yang Bisa Dikunjungi Kala Berkunjung ke Padang

Padang telah dikenal akan makanan rendangnya yang merupakan makanan nomor satu paling lezat di dunia. Jika mendengar dan mengunjungi Kota Padang, lebih dari sekedar makanannya yang menggoda itu, tetapi juga tempat wisata indah yang bisa dikunjungi saat berada di sana.

Berikut beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi saat berada di Padang. Mulai dari wisata alam hingga sejarah.

1. Air Terjun Sarasah

7 Tempat Wisata yang Bisa Dikunjungi Kala Berkunjung ke Padanginstagram.com/siwarisman

Arsitektur alami air terjun ini sangat unik, karena bebatuan bentuk kubus bertingkat begitu rapat membentuk seperti piramida. Lokasinya ada di Jl. Koto Baru, Indarung, Kecamatan Pauh, Padang, sekitar 11 kilometer untuk sampai ke Air Terjun Sarasah. Akses jalan rayanya juga sangat mudah. Namun, untuk sampai ke area air terjun harus jalan kaki ekstra sekitar 1,5 jam.

2. Danau Maninjau

7 Tempat Wisata yang Bisa Dikunjungi Kala Berkunjung ke Padanginstagram.com/deacynatalia

Dengan luas danau sekitar 99,5 km², panjang sekitar 16 kilometer, dengan lebar sekitar 7 kilometer dan kedalaman maksimalnya 165 meter, pemandangan yang dihasilkan sangat indah dan nggak kalah dari Danau Toba.

Lokasinya ada di Kecamatan Tanjung Raya, Agam, Padang, sekitar 140 kilometer dari Kota Padang dan merupakan danau vulkanik yang berada di ketinggian sekitar 461,50 mdpl yang terbentuk karena erupsi Gunung Sitinjau.

3. Gedung Padangsche Spaarbank

7 Tempat Wisata yang Bisa Dikunjungi Kala Berkunjung ke Padanginstagram.com/kiwi_graphy

Terletak di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Gedung Padangsche Spaarbank merupakan bangunan penginggalan Belanda yang dibangun tahun 1908, yang dulu difungsikan sebagai tempat penyimpanan uang masyarakat Sumatera Barat.

Bangunan ini, menurut SK No. 6/BCB-TB/A/01/2007, telah dijadikan sebagai benda bersejarah yang dilindungi. Namun, itu nggak tercermin dari fisik bangunan yang semakin nggak terurus. Dengan tinggi bangunan 35 meter, memiliki 2 lantai dan bergaya neo-klasik serta berarsitektur art-deco yang sangat cocok untuk latar foto demi menghasilkan seni yang ciamik.

 

4. Lubuak Ngalauan

7 Tempat Wisata yang Bisa Dikunjungi Kala Berkunjung ke Padanginstagram.com/muh.iqbal11

Ada yang bilang ini adalah air terjun, namun nyatanya lebih tepat dibilang sungai, meskipun ada air yang menuruni bebatuan yang nggak tinggi. Berlokasi di area Sungai Bangek, Desa Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Padang, bisa ditempuh dengan jarak sekitar 30 kilometer dari Kota Padang. Lokasinya yang berada di dalam hutan, tentu menyuguhkan lanskap yang masih sangat asri.

5. Museum Adityawarman

7 Tempat Wisata yang Bisa Dikunjungi Kala Berkunjung ke Padanginstagram.com/fenny_thresia

Ini merupakan salah satu museum budaya yang ada di Sumatera Barat. Museum ini menyimpan benda-benda bersejarah budaya Mentawai, Minangkabau dan Nusantara. Nama Adityawarman sendiri diambil dari nama seorang raja besar yang pernah memerintah di Minangkabau. Di sini, kamu bisa mempelajari budaya dan sejarah Minang lebih dalam.

6. Pantai Padang

7 Tempat Wisata yang Bisa Dikunjungi Kala Berkunjung ke Padanginstagram.com/intansabilla94

Terletak gak jauh dari Kota Pariaman, pantai ini harus jadi salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi. Memiliki pasir putih dan ombak yang nggak terlalu besar, menjadikan pantai ini cocok sebagai tempat untuk bermain dan berenang.

Pantai Padang biasanya selalu dikunjungi saat perayaan Tabuik dan hari libur nasional. Di sini, bisa juga melihat matahari terbenam yang penampakannya sangat indah.

7. Pantai Pulau Pasumpahan

7 Tempat Wisata yang Bisa Dikunjungi Kala Berkunjung ke Padanginstagram.com/padangtripisland

Lokasinya ada di Kelurahan Bungus Selatan, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, sering dijuluki sebagai Pulau Maladewa-nya Indonesia. Banyak pengunjung datang ke sini untuk melihat pemandangan laut yang indah. Pulau kecil ini dikenal dengan pasir putihnya yang begitu bersih dan halus serta terumbu karangnya yang masih terjaga.

Objek wisata ini tentu cocok bagi kamu yang ingin mengasingkan diri dari bisingnya suasana kota yang benar-benar ramai. Dan tentu saja, tempat wisata ini layak untuk ditingkatkan ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu dunia.

Jangan sampai terlewatkan, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *