7 Tempat Wisata di Gresik yang Belum Banyak Orang Ketahui!

Bukan cuma kota industri aja

Gresik adalah salah satu kota yang berbatasan langung dengan Surabaya. Meski terkenal sebagai kawasan industri, ternyata kota ini menyimpan potensi alam yang mengagumkan lho. Sayangnya, belum banyak orang tahu.

Nah makanya kali ini kami bakalan kasih tahu seputar destinasi atau tempat wisata di Gresik yang belum banyak orang ketahui. Sering di sebut juga surga tersembunyi lho!

1. Pantai Karang Kering


Pantai Karang Kering menjadi salah satu spot favorit para pemburu sunset di Gresik. Lokasinya yang tak jauh dari pusat kota, membuat tempat ini mudah dijangkau. Tepatnya di Jalan Kapten Darmo Sugondo, Desa Karang Kering, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.

Pemandangan makin indah karena sekitaran pantai ditanami pohon mangrove. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya abrasi. Kamu cuma butuh waktu sekitar satu jam untuk menuju pantai ini dari Surabaya.

2. Pulau Gili Noko


Siapa yang nyangka kalau Gresik punya tempat snorkeling yang gak kalah keren dibanding Lombok? Pulau Gili Noko menawarkan suasana pantai yang tenang, pasir putih, dan air yang jernih. Ditambah lagi warna-warni terumbu karang, serta keadaan alamnya yang masih virgin, belum banyak terjamah wisatawan.

Pulau Gili Noko berdekatan dengan Pulau Bawean. Berjarak sekitar 80 mil dari pusat Gresik dengan waktu tempuh kurang-lebih 3 jam. Kalau ingin snorkeling, pengunjung hanya perlu membayar Rp 75 ribu, dengan rincian Rp 50 ribu untuk fasilitas perahu dan Rp 25 ribu untuk sewa peralatan.

3. Danau Kastoba, Pulau Bawean


Pulau Bawean bisa dibilang surganya Gresik, karena menyimpan banyak keindahan alam. Salah satunya Danau Katoba yang terletak di Desa Paromaan, Kecamatan Tambak, Pulau Bawean, Gresik.

Karena terletak di atas bukit, kamu harus mendaki kurang lebih satu kilometer. Hanya perlu waktu 25 menit untuk menuju ke sana. Tapi percaya deh, begitu sampai, kamu bakal lupa sama capeknya perjalanan karena disambut kecantikan danau, serta pepohonan hijau yang asri.

4. Penangkaran Rusa, Bawean


Pulau Bawean memiliki hewan asli bernama latin axis kuhlii atau yang biasa disebut rusa Bawean. Satwa ini mulai langka akibat perburuan liar. Bahkan, jumlah rusa yang ada di penangkaran hanya 39 ekor.
Rusa Bawean terpilih sebagai salah satu dari maskot ajang Asean Games 2018 dan diberi nama “atung”. Kalau berlibur ke Pulau Bawean, jangan lupa mampir ke sini ya. Lokasinya ada di Desa Pudakit, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik.

5. Sendang Pancuran Gosari, Ujungpangkah


Sendang Pancuran Gosari awalnya berupa sumber air saja. Tapi para pemuda karang taruna di desa setempat berinisiaif mengubah Desa Gosari, Ujungpangkah, Gresik menjadi destinasi wisata yang menarik.

Ada banyak instalasi unik yang bisa dijadikan tempat selfie. Mulai dari rumah-rumahan kayu, saranf burung, dan sebagainya. Meski semua dilakukan secara swadaya, tapi kualitasnya tak kalah dengan tempat wisata yang dikelola profesional.

6. Bukit Kapur Gosari


Kawasan ini merupakan gugusan gunung kapur yang ada di Gosari, Ujungpangkah, Gresik. Lokasinya berdekatan dengan bukit kapur Sekapuk di sebelah utara. Sebenarnya, bukit ini merupakan area pertambangan. Tapi karena punya pemandangan indah, banyak orang yang datang untuk sekadar memotret.

7. Banyu Urip Mangrove Center, Ujungpangkah


Sejak 17 tahun lalu, pemerintah membudidayakan tanaman mangrove untuk melestarikan lingkungan, terutama di kawasan Desa Banyu Urip, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik. Karena melihat adanya potensi eco wisata yang bisa dikembangkan, akhirnya dibukalah Hutan Mangrove Ujungpangkah sebagai obyek wisata.

Di sini terdapat jogging track sepanjang 600 meter yang membentang di antara rimbunnya pepohonan. Selain jalan-jalan, kamu juga bisa menanam bibit mangrove.

Selain destinasi alamnya, tempat wisata di Gresik ini juga terkenal dengan kuliner khasnya. Salah satunya nasi krawu yang terdiri dari suwiran daging sapi, serundeng, dan sambal krawu. Jangan lupa cobain kalau sedang mampir ke Gresik, ya!

Gimana, gak kalah indah, kan dibanding kota wisata lainnya? Yuk, ke Gresik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *