7 Kebiasaan Unfaedah Selama Liburan, Hilangkan daripada Kamu Rugi!

Orang Indonesia banget, nih!

Banyak orang yang mengharapkan liburannya berjalan lancar tanpa ada masalah sedikit pun. Sayangnya, masih ada saja orang yang mempunyai kebiasaan buruk, sehingga membuat segalanya berantakan. Apakah kamu salah satunya?

1. Tidak ada persiapan sama sekali


Jangan pernah sekalipun liburan tanpa tahu tujuanmu secara pasti. Tidak ada salahnya menjadi backpacker untuk bebas berkeliling ke destinasimu. Sayangnya tanpa ada persiapan, segalanya akan terasa lebih berat.

Setidaknya kamu harus tahu di mana kamu akan tinggal, transportasi setempat, dan medan perjalanannya. Jika tidak mau repot, kamu bisa liburan melalui agen perjalanan atau open trip. Kamu cukup menyesuaikan diri dengan itinerary yang mereka siapkan.

2. Pesan akomodasimu dari awal

Ketika ingin liburan dengan jadwal yang fleksibel, lebih baik pesanlah dari awal. Sekarang sudah banyak situs pemesenanan online atau travel fair yang memberikan promo liburan murah. Semakin mendekati hari-H, harganya pasti lebih mahal.

Kalau melalui situs pemesanan online, paling aman memesan 1-2 pekan sebelumnya. Harganya bisa lebih murah lagi bila kamu memesan pada pagi atau malam hari.

3. Masih suka packing dadakan?


Banyak orang indonesia yang suka menggunakan teori the power of kepepet. Sebuah kebiasaan yang mungkin sulit dihilangkan. Persiapannya mungkin bisa cepat, tapi kerugiannya bisa jadi lebih banyak, seperti adanya barang tertinggal.

Cara mainstream yang biasa digunakan orang adalah menggunakan daftar barang. Jika cara tersebut tidak berhasil, beberapa hari sebelum keberangkatan cucilah baju kotormu. Di saat ingin menaruhnya di lemari, sisihkan sebagian ke dalam koper.

Satu atau dua hari sebelum keberangkatan, cek kembali kopermu. Mulailah untuk mengurangi atau menambahkan barang sesuai yang kamu butuhkan.

4. Memasukkan semua barang ke dalam koper


Daripada repot memilah, pasti ada beberapa di antara kamu yang suka memasukkan semuanya ke dalam koper. Bukannya terpakai, barang-barang tersebut justru lebih sering memberatkan tanpa guna.

Sebagai awalan, pilih tas atau koper yang ukurannya lebih kecil untuk berkemas. Sebelum berangkat, lihat kembali kebutuhan yang memang kamu perlukan. Setelah itu, barulah kamu pilih tas yang sesuai dengan lama perjalanan.

5. Tidak mau tahu bahasa lokal


Tentu mudah bagi kita untuk berkomunikasi kalau masih berwisata di Indonesia. Namun tidak ada salahnya kamu tahu bahasa daerah tujuan destinasimu. Selain menambah ilmu, kamu bisa lebih akrab dengan warga lokal.

Ke mana pun kamu pergi, setidaknya ada beberapa kosa kata umum yang perlu kamu ketahui. Seperti untuk menanyakan jalan, menyapa, tanya harga, dan bahasa lainnya yang umum digunakan saat traveling.

6. Boleh hemat tapi jangan keterlaluan


Liburan yang murah meriah memang dambaan semua orang. Sayangnya, masih ada orang yang terlalu hemat ketika liburan. Misalnya memesan hotel di pinggir jalan atau hotel yang buruk kualitasnya, beli makanan murahan yang belum tentu mengenyangkan, dan sebagainya. Hal ini dilakukan demi hemat.

Harganya murah sih, tapi dampaknya malah membuat liburanmu semakin tersiksa. Daripada membatasi, lebih baik siapkan dana khusus untuk transportasi, hotel, dan makanan.

7. Jangan malas mengecek nilai tukar mata uang


Setiap negara tentu memiliki nilai tukarnya masing-masing. Kamu bisa mengeceknya melalui Google atau aplikasi untuk bisa tahu harganya. Supaya lebih murah, sebaiknya tukarkan saat masih berada di Indonesia.

Hindari menukar uang di dalam bandara, karena harga belinya bisa lebih mahal. Jika kamu ingin menukar dolar dengan mata uang lainnya, lebih baik ditukarkan di tempat liburanmu, supaya lebih menguntungkan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan selama liburan supaya makin nyaman dan menyenangkan. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *