7 Hal Penting yang Wajib Dilakukan dan Diingat Setiap Pelancong

Setiap hari selama hidup kita, tentu saja ada pelajaran yang dapat diambil untuk menjadikan diri yang lebih baik lagi, begitu juga dengan suatu perjalanan. Semakin banyak kamu liburan, maka kamu juga semakin sadar akan kesalahan apa saja yang telah kamu perbuat dan tentu saja ingin memperbaikinya di liburan yang akan datang.

Nah, untuk sedikit menghemat uang, mengurangi stres, dan masalah lainnya, berikut ini beberapa kebiasaan yang wajib kamu ikuti dan kembangkan, sebelum atau saat perjalananmu ke destinasi impian.

1. Selalu buat daftar perjalanan. Wajib!


Catat tempat mana saja yang kamu ingin kunjungi dan barang-barang apa saja yang ingin dibawa selama perjalanan. Perhatikan juga musim saat kamu berkunjung, sehingga kamu bisa memperkirakan barang apa saja yang bisa dibawa.

Misalnya, bila kamu berkunjung saat musim dingin atau musim salju, maka pastikan kamu mencatat semua barang yang berhubungan dengan musim tersebut dan tempat-tempat apa saja yang bisa dan tidak bisa dikunjungi saat musim salju.

2. Packing beberapa hari sebelum perjalanan. Jangan mepet ya!


Biasakan untuk packing setidaknya satu hari sebelum perjalanan, lebih baik lagi beberapa hari sebelumnya. Kalau tidak mau stres, hindari mengemas pakaian di menit terakhir. Mengapa? Karena kemungkinan besar kamu bisa saja melupakan sesuatu yang penting.

3. Kemas barang bawaan seefesien mungkin


Kalau cara yang satu ini sih wajib banget dibiasain dan dikembangkan oleh setiap traveler. Packing barangmu seefesien atau seenteng mungkin!
Gunakan cara pengemasan minimalis untuk memastikan bahwa kamu membawa apa yang benar-benar dibutuhkan selama liburan. Misalnya jika kamu liburan saat musim panas atau summer, maka kamu tidak perlu membawa pakaian yang berbahan tebal. Hindari pula membawa high heels atau gaun bila tak ada acara formal yang ingin kamu datangi selama liburan.

4. Selalu buat salinan dari dokumen penting

Kalau tips yang ini biasanya diterapkan untuk kamu yang ingin keluar negeri. Fotokopi semua dokumen penting, seperti paspor, asuransi perjalanan, kartu identitas, dan lainnya. Hal ini untuk menghindari hilangnya dokumen asli selama kamu mengelilingi kota atau datang ke tempat wisata.

Jadi kamu cuma bawa salinannya aja deh selama menjelajahi kota. Simpan dengan baik dan cerdas paspor aslimu dan dokumen penting lainnya di brankas kamar hotelmu!

5. Pastikan baterai gadget atau hp selalu terisi penuh


Bawalah adaptor dan pengisi daya ke manapun kamu pergi, dan jika tersedia stop kontak saat kamu lagi makan atau minum di suatu kafe atau resto, selalu manfaatkan untuk mengisi daya hpmu.

Isi daya semua perangkat saat kamu hendak pergi tidur sehingga ketika kamu bersiap untuk menjeljaahi kota di pagi hari, gadget atau hpmu memiliki baterai penuh yang akan bertahan sepanjang hari.

6. Unduh Google Maps offline


Google menawarkan fitur yang memungkinkan kamu mengunduh peta area tempat kamu berada, sehingga ketika kamu tidak memiliki WiFi dan layanan seluler, kamu masih dapat menavigasi tempat-tempat yang ingin kamu tuju dengan offline Google Maps.

Ini adalah penyelamat hidup ketika kamu berada di negara-negara asing atau daerah terpencil di mana kamu tidak mendapatkan WiFi atau sinyal.

7. Foto hal-hal yang menurutmu penting


Foto alamat hotelmu, jadwal perjalananmu, nomor tiket penting, informasi tempat parkir, nomor konfirmasi penerbangan, tanda terima yang ingin kamu lacak, nomor kamar hotelmu dan lainnya. Jangan hanya mengandalkan memori di kepalamu saja untuk mengingat hal yang penting. Kamu akan senang memiliki gambar di ponsel untuk mengingatkan kamu akan suatu hal.

Be a smart traveler! Semoga liburanmu menyenangkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *