7 Destinasi Wisata Seru di Kabupaten Lamongan, Asyiknya Bikin Betah

Bingung menentukan destinasi short escape di akhir pekan? Yuk, coba main ke Kabupaten Lamongan, Jawa Timur!

Jangan dianggap remeh, ternyata potensi pariwisata di daerah ini gak kalah dibanding wilayah lain di Indonesia. Termasuk di antaranya adalah 7 destinasi wisata di bawah ini.

1. Wisata Bahari Lamongan


Wisata Bahari Lamongan atau yang sering disingkat WBL, merupakan salah satu ikon wisata yang ada di Kabupaten Lamongan. Taman bermain dengan puluhan wahana seru ini berlokasi di Kecamatan Paciran, Jalur Pantai Utara (pantura) antara Tuban-Surabaya.

Tempat ini sangat cocok dijadikan tujuan wisata keluarga, karena permainan yang tersedia mencakup hampir seluruh range usia. Di antaranya museum edukasi, mainan anak-anak, waterpark, hingga wahana ekstrem yang bikin sport jantung. WBL beroperasi setiap hari selama pukul 08.00-16.30.

2. Mazola


Mazola adalah singkatan dari Maharani Zoo and Goa Lamongan. Sesuai namanya, tempat ini adalah sarana edukasi, konservasi, dan rekreasi yang memadukan kebun binatang dengan goa. Karena letaknya masih satu kompleks dengan WBL, biasanya pengunjung diberikan pilihan untuk membeli tiket langsung ke dua destinasi tersebut.

Mazola menawarkan keindahan interior Goa Maharani yang eksotis dan cocok untuk berswafoto. Selain itu, di kebun binatang seluas tiga hektare ini terdapat sekitar 115 jenis hewan, baik spesies endemik asli Indonesia mau pun yang berasal dari luar negeri.

3. Gunung Pegat


Dalam bahasa Jawa, “pegat” berarti berpisah atau bercerai. Dinamai Gunung Pegat karena beredar mitos jika sepasang kekasih datang ke tempat ini, maka hubungannya akan kandas.

Gunung yang terdiri dari bukit kapur ini terletak di Desa Karang Kembang, Kecamatan Babat, Lamongan. Yakni sekitar 5 kilometer dari pusat Kecamatan Babat, Lamongan. Untuk masuk ke Gunung Pegat, tak ada biaya yang perlu dibayar alias gratis.

4. Gunung Ratu


Gunung Ratu adalah tempat yang sarat akan cerita sejarah karena dipercaya sebagai tempat lahirnya Gajah Mada dan lokasi pengasingan Dewi Andong Sari, yakni ibundanya. Untuk menuju ke sana, kamu harus melewati anak tangga yang cukup panjang dan terjal, sehingga perlu menyiapkan stamina prima.

Gunung Ratu terletak di Desa Cancing, Kecamatan Ngimbang, Lamongan. Tepatnya sekitar 3 kilometer ke arah timur dari Kantor Koramil Kecamatan Ngimbang.

5. Wisata Pohon Trinil


Wisata Pohon Trinil punya kisah unik, karena ditemukan secara tidak sengaja oleh salah seorang warga pada pertengahan Juli 2017 lalu. Akar pohon ini memang kerap dimanfaatkan sebagai tali ikat untuk hewan ternak, namun tak pernah ada pohon dengan ukuran sebesar ini. Setelah fotonya viral di media sosial, tempat ini langsung ramai dikunjungi oleh warga yang penasaran.

Akhirnya, pohon yang berada di wilayah Perhutani Lembor seluas 6,3 hektare ini dijadikan objek wisata. Tepatnya di Dusun Wide, Desa Sendangharjo, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan. Operasionalnya dilakukan secara swadaya oleh penduduk dan Karang Taruna Dusun Wide, bekerja sama dengan Perhutani.

6. Monumen Van Der Wijck


Familiar dengan cerita soal tenggelamnya Kapal Van Der Wijck yang diangkat dalam novel buatan Hamka? Ternyata kapal tersebut karam pada 28 Oktober 1936 di perairan Brondong, Pulau Jawa.

Para nelayan asal Lamongan, terutama yang tinggal di daerah Brondong, banyak terlibat saat menyelamatkan penumpang kapal megah yang tenggelam itu.

Akhirnya, Pemerintah Belanda membangun Monumen Kapal Van der Wijck untuk mengenang kejadian tragis tersebut. Lokasinya berada di wilayah perairan tempat tenggelamnya kapal, yakni dekat Kantor Pelabuhan Brondong, Lamongan.

7. Pantai Kutang


Wisata pantai yang dimiliki Kabupaten Lamongan juga gak kalah eksotis, lho. Salah satunya Pantai Kutang. Nama pantai ini memang sedikit menggelitik, karena dalam bahasa Jawa arti “kutang” merupakan pakaian dalam wanita.

Meski demikian, pesona pantainya mengundang decak kagum para wisatawan yang berkunjung, terutama saat menjelang matahari terbenam.

Pantai ini berada di Dukuh Kentong, Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Brengkok, Lamongan. Untuk menuju ke sana, kamu harus menempuh jalan setapak terjal selama 30-45 menit setelah masuk kawasan Desa Labuhan.

Jadi, sudah pernah ke Lamongan, belum?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *