7 Destinasi Wisata di Surabaya Ini Bisa Kamu Nikmati dengan Gratis Lho

Wah asyik banget nih, bisa irit budget liburan!

 

Siapa yang tidak tahu Surabaya? Kota yang terletak di Jawa Timur ini terkenal sebagai Kota Pahlawan dan merupakan salah satu kota besar yang ada di pulau Jawa. Tahun lalu kota ini berhasil memenangkan penghargaan sebagai kota terpopuler pada ajang The Guangzhou International Awards 2018.

Memang wajah kota Surabaya saat ini sudah banyak berubah. Di beberapa sudut kota Surabaya juga banyak ditanami bunga Tabebuya yang semakin mempercantik penampilan kota ini. Bahkan mekarnya bunga ini sempat menjadi viral di media sosial tahun lalu, karena bunga ini mirip sekali dengan bunga Sakura di Jepang.

Sebagai kota besar, Surabaya menawarkan banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dan asyiknya lagi nih kota ini juga ramah untuk para budget traveller karena di kota ini masih ada beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi dengan gratis.

Nah kalau kamu berkesempatan untuk mengunjungi Surabaya, jangan lupa untuk singgah di tempat wisata menarik berikut ini.

1. Kawasan Jembatan Merah

7 Destinasi Wisata di Surabaya Ini Bisa Kamu Nikmati dengan Gratis Lho
Kalau di Jakarta kamu mengenal kawasan Kota Tua, nah Surabaya punya kawasan Jembatan Merah. Hampir sama seperti di kawasan Kota Tua di Jakarta, di kawasan Jembatan Merah ini kamu bisa melihat aneka bangunan tua bergaya kolonial Belanda, seperti gedung bank BNI, Mandiri, dan Maybank Jembatan Merah.

Di kawasan ini kamu juga bisa mengunjungi Museum Escompto Bank dan beberapa gedung tua yang dijadikan cagar budaya seperti Gedung Cerutu dan Gedung Singa. Ketika berkunjung ke tempat ini, kamu akan merasa seperti sedang melakukan perjalanan waktu ke kota Surabaya Tempo Doeloe.

2. Air mancur menari Jembatan Suroboyo

7 Destinasi Wisata di Surabaya Ini Bisa Kamu Nikmati dengan Gratis Lho
Kamu pasti pernah melihat atraksi air mancur berwarna-warni kan? Singapura menjadi negara yang punya pertunjukan air mancur yang sangat spektakuler. Tapi sekarang kamu tidak perlu ke Singapura kalau ingin melihat atraksi air mancur yang cantik. Silahkan datang ke Pantai Ria Kenjeran Lama pada hari Sabtu, jam 8 hingga 9 malam.

Karena pada saat itu kamu bisa menikmati pertunjukan air mancur yang cantik dengan latar belakang Jembatan Suroboyo. Harus kamu ingat nih, atraksi ini hanya diadakan pada hari Sabtu saja setiap minggunya. Jadi jangan sampai ketinggalan ya. Di siang hari kamu juga bisa menikmati indahnya Pantai Kenjeran di atas Jembatan Suroboyo.

3. House of Sampoerna

7 Destinasi Wisata di Surabaya Ini Bisa Kamu Nikmati dengan Gratis Lho
Tempat ini terletak di kawasan kota tua Surabaya. Di masa lalu pada masa pemerintahan kolonial Belanda, gedung ini berfungsi sebagai panti asuhan. Dan di kemudian hari gedung ini beralih kepemilikan dan dijadikan tempat produksi rokok Sampoena. Dan saat ini gedung ini dijadikan museum yang menggambarkan perkembangan industri rokok kretek di Indonesia.

Bahkan disini kamu masih bisa menyaksikan langsung produksi rokok yang masih menggunakan teknik linting atau digulung secara manual. Setelah puas berkeliling di dalam House of Sampoerna ini, kamu bisa mengikuti tour gratis dengan bis merah khas Surabaya Heritage Track milik House of Sampoerna.

4. Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjava)

7 Destinasi Wisata di Surabaya Ini Bisa Kamu Nikmati dengan Gratis Lho
Monjava atau Monumen Jalasveva Jayamahe adalah monumen yang berada di pangkalan TNI AL Surabaya. Nama monumen ini diambil dari semboyan TNI AL yakni Jalasveva Jayamahe, yang artinya di laut kita berjaya. Monjava dibuka setiap hari Senin sampai Jumat, mulai jam 7 pagi hingga jam 3 sore.

Di tempat ini terdapat museum yang mengoleksi beberapa miniatur kapal armada TNI AL, serta ada juga diorama yang menceritakan tentang sejarah perjuangan para pahlawan bahari. Karena lokasi Monjava ini berada di area pangkalan militer, kamu harus berpakaian rapi saat berkunjung ke tempat ini.

5. Museum Surabaya

7 Destinasi Wisata di Surabaya Ini Bisa Kamu Nikmati dengan Gratis Lho
Lokasi Museum Surabaya ada di Lantai Dasar Gedung SIOLA, gedung ini merupakan gedung cagar budaya. Terletak persis di pojok Jalan Genteng Kali (gedung bagian samping), dengan Jalan Tunjungan (gedung bagian depan). Gedung yang dibangun pada tahun 1877 ini dulunya adalah sebuah toko yang bernama “Het Engelsche Warenhuis”, atau bisa diartikan toko serba ada Inggris.

Saat ini gedung berusia 139 tahun ini berubah fungsi menjadi Museum Surabaya, diresmikan pada tanggal 15 Juli 2015. Koleksi Museum Surabaya meliputi lebih dari 1.000 benda bersejarah bagi kota Surabaya, seperti replika biola milik pencipta lagu Indonesia Raya, Wage Rudolf Supratman, wayang kulit, wayung Potehi, buku-buku catatan kelahiran, kematian yang ditulis tangan yang dibuat pada 1800-an, ketel uap abad ke-18, mesin ketik dan mesin hitung kuno, dan sebagainya.

6. Rumah Batik Surabaya

7 Destinasi Wisata di Surabaya Ini Bisa Kamu Nikmati dengan Gratis Lho
Batik adalah warisan tradisional yang sangat berharga dan menjadi salah satu budaya kebanggaan Indonesia. Setiap daerah memiliki ciri khas batik sendiri, karena itulah banyak sekali jenis batik yang ada di Indonesia saat ini.

Di Rumah Batik Surabaya ini, terdapat beragam koleksi batik dari 16 kabupaten yang ada yakni Batik Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, Tuban, Pasuruan, Malang, Batu, Jombang, Kediri, Pacitan, Banyuwangi, Jember, Tulungagung.

Rumah Batik Surabaya ini memajang sekitar 2000 lembar batik dengan beragam corak. Dan kamu juga bisa batik-batik tersebut sebagai oleh-oleh. Kalau kamu tertarik untuk belajar cara membuat batik, kamu bisa mengikuti kursus singkat yang diadakan di tempat ini.

7. Mini Agrowisata Pagesangan Surabaya

7 Destinasi Wisata di Surabaya Ini Bisa Kamu Nikmati dengan Gratis Lho
Meskipun kota Surabaya dikenal sebagai kota metropolitan yang sibuk, namun ternyata kota ini memiliki destinasi wisata agro tepat di tengah kota yakni Mini Agrowisata Pagesangan Surabaya. Di tempat ini kamu bisa melihat aneka tanaman buah, sayur-sayuran, dan juga bisa mempelajari berbagai teknik budidaya tanaman.

Ada sejumlah greenhouse yang ada di mini agrowisata ini, yakni greenhouse untuk tanaman hidroponik dan greenhouse untuk tanaman obat organik. Tidak hanya itu, di tempat seluas 8000 hektar ini kamu juga akan diajak untuk belajar soal perikanan dan peternakan. Ada tersedia aneka permainan outbound untuk anak-anak juga lho.

Nah, itulah beberapa destinasi wisata di kota Surabaya yang bisa kamu kunjungi dengan gratis. Kalau kamu masih punya waktu luang sebelum kembali ke kota asalmu, jangan lupa untuk coba menikmati city tour keliling Surabaya dengan memakai Suroboyo Bus secara gratis.

Kamu hanya perlu mengumpulkan sampah dengan jumlah tertentu ke bank sampah untuk diganti dengan tiket keliling Surabaya selama dua jam. Jenis sampah yang dikumpulkan adalah 5 botol ukuran tanggung, 3 botol besar, 10 gelas air mineral, kantong plastik kresek dan aneka kemasan plastik.

Nah gimana, asyik banget kan berlibur ke Surabaya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *