5 Tips Naik Gunung Saat Musim Hujan, Mendaki Tetap Aman dan Nyaman

0 Comments


Musim hujan seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang hobi mendaki gunung. Saat musim hujan, aktivitas mendaki jadi semakin sulit, lantaran medannya makin licin dan cuaca yang tak bersahabat.

Apalagi bagi pemula, mendaki gunung saat musim hujan malah lebih berbahaya jika tidak dilakukan dengan benar. Nah, buat kamu yang ingin mendaki saat musim hujan, coba deh terapkan beberapa tips berikut biar mendaki tetap aman dan nyaman!

1. Gunakan layering yang tepat


Layering yang tepat akan membuat tubuh tetap hangat selama pendakian, apalagi saat musim hujan. Umumnya layering terdiri dari tiga bagian, yakni base layer (lapisan dasar), insulating layer (lapisan tengah), dan shell layer (lapisan paling luar).

Base layer merupakan bagian yang langsung bersentuhan dengan kulit. Bagian ini berfungsi untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil, meski menghadapi perubahan temperatur yang ekstrem. Bahan yang disarankan adalah polyster atau sintetis. Bahan-bahan ini mampu menyerap keringat dengan baik dan membantu keringat berpindah ke lapisan selanjutnya.

Selanjutnya ada bagian insulating layer yang berfungsi mengatur kelembapan. Pilih bahan dengan fleksibilitas tinggi, seperti polarguard, fleece, atau bulu angsa. Terakhir, ada bagian shell layer yang berfungsi melindungi tubuh dari cuaca buruk, seperti hujan atau angin kencang.

Bagian ini sangat krusial karena juga berfungsi melindungi dua bagian sebelumnya. Untuk bagian ini, pilihlah bahan pakaian dengan kemampuan waterproof, windproof, dan breathable.

2. Jika memungkinkan, gak usah mendirikan tenda


Berkemah di gunung saat curah hujan sedang tinggi akan terasa sangat merepotkan dan tidak nyaman. Jika memungkinkan, mendakilah dengan cara ‘tek-tok’ atau langsung turun tanpa harus menginap.

Kamu bisa memilih gunung dengan jalur pendakian yang relatif singkat, seperti Gunung Andong, Gunung Merapi, dan Gunung Prau di Jawa Tengah, atau Gunung Batur di Pulau Bali.

3. Simpan barang bawaan dalam dry bag


Dry bag merupakan tas anti air yang berfungsi melindungi barang-barangmu dari kondisi basah saat dalam pendakian. Masukkan semua barang-barangmu ke dalam dry bag sebelum dimasukkan ke dalam carrier.

Untuk yang versi murah, kamu bisa memanfaatkan trash bag sebagai pengganti dry bag. Fungsinya sama, yakni menjaga barang bawaan agar terhindar dari basah.

4. Gunakan gaiters


Gaiters berfungsi untuk melindungi kaki bagian engkel ke atas agar air, lumpur, atau pasir tidak masuk ke dalam sepatu. Tentu bakal sangat merepotkan jika bagian dalam sepatu kamu kemasukan lumpur. Kalau ada bujet lebih, gak ada salahnya untuk membeli gaiters.

5. Pilih pakaian dengan kemampuan quick dry


Kaus atau celana dengan bahan quick dry bisa menjadi pilihan yang tepat digunakan untuk mendaki saat musim hujan. Selain ringan dan mudah dibawa, pakaian dengan kemampuan ini juga bisa kering dengan cepat, sehingga dapat mengurangi risiko terserang hipotermia.

Gimana, siap mendaki?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

Categories

Archives