5 Tips Hemat Liburan ke Labuan Bajo, Dijamin Gak Bikin Tekor!

0 Comments


Agak effort sih, tapi bisa menekan biaya perjalananmu

Labuan Bajo seringkali dianggap sebagai surga wisata karena keindahan alamnya yang begitu memesona. Namun, tak sedikit pula orang yang malas pergi ke sana, karena akomodasinya dianggap terlalu mahal.

Nah, buat kamu yang ngebet banget pengen ke Labuan Bajo, kamu bisa menekan biaya dengan tips-tips berikut ini.

1. Berangkat sepekan setelah libur Natal dan Tahun Baru


Waktu yang tepat untuk mencari tiket dan hotel murah adalah pekan-pekan pertama di bulan Januari. Di masa-masa ini, tren wisata sedang memasuki low season dan biasanya maskapai penerbangan akan membanting harga hingga batas paling rendah.

2. Ajak dua orang temanmu


Jangan pergi sendirian. Ajak dua orang temanmu supaya bisa membagi biaya kapal yang disewa selama di Labuan Bajo dan biaya penginapan, sehingga lebih murah. Namun disarankan juga tidak terlalu mengajak banyak teman, karena biasanya semakin banyak orang yang ikut dalam rombongan, jadi akan mengurangi fleksibilitasmu.

3. Pilih rute penerbangan Jakarta-Lombok


Memilih penerbangan langsung ke Labuan Bajo memang lebih simpel, tapi harganya biasanya lebih mahal. Untuk menyiasatinya, kamu bisa pilih penerbangan ke Lombok dulu. Harga tiketnya bisa selisih separuh harga.
Sesampainya di Lombok, cari bus DAMRI ke arah Selong di Lombok Timur menuju Pelabuhan Kayangan. Setelah sampai di Pelabuhan Kayangan, lanjutkan perjalanan ke Pelabuahan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, dengan menggunakan feri yang tarifnya sekitar Rp17 ribu.

Berikutnya, kamu harus melanjutkan perjalanan ke Bima menggunakan bus ekonomi dengan tarif sekitar Rp80 ribu. Untuk ke Labuan Bajo, kamu bisa menuju ke Pelabuhan Sape dan menyeberang menggunakan feri. Biayanya sekitar Rp60 ribu dengan waktu tempuh 6-8 jam.

4. Sewa kapal langsung ke pemilik kapal


Tujuan pergi ke Labuan Bajo tentu adalah mengunjungi pulau-pulau kecil dengan menggunakan kapal. Untuk menekan biaya, hindari memakai jasa agen-agen yang menawarkan trip sailing.

Langsung saja datang ke Pelabuhan Pelni yang berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta. Di sana banyak kapal bersandar dan kamu bisa langsung bernegosiasi harga sewa dengan pemiliknya langsung.

5. Pilih penginapan di sekitar Pantai Kampung Ujung


Di Pantai Kampung Ujung, kamu bisa menemukan penginapan kelas backpacker dengan biaya yang lebih murah. Satu kamar bisa diisi tiga orang dengan extra bed. Harganya rata-rata sekitar Rp150 ribu hingga Rp300 ribu.

Nah, sekarang gak ada alasan lagi, kan liburan ke Labuan Bajo itu mahal? Yuk, rencanakan dari sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

Categories

Archives