5 Sungai Eksotis di Jawa Timur Ini Wajib Kamu Datangi

0 Comments


Tempat wisata alam saat ini menjadi salah satu jujukan wisatawan yang ingin berkunjung dan menikmati nuansa alam yang memikat. Namun wisata alam yang jarang banyak orang mengunjungi adalah sungai, memang kebanyakan sungai di Indonesia terutama di perkotaan sangat memprihatinkan dengan banyaknya limbah dan sampah yang berserakan.

Akan tetapi jangan salah, terdapat sungai yang masih alami dan bersih, serta dijadikan sebagai objek wisata alam. Bagi kamu yang berada di Jawa Timur ada baiknya menyimak beberapa wisata sungai eksotis yang ada di Jawa Timur.

1. Kedung Cinet


Kedung Cinet adalah salah satu wisata sungai yang menyerupai dengan Grand Canyon yang betempat di Arizona dan dilalui oleh Sungai Colorado di Amerika Serikat.Tempat wisata ini terletak di Desa Klitih, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang.

Lokasi wisata ini kurang lebih berjarak 30 km dari Kecamatan Jombang.Lokasi wisata ini menyajikan bentuk tebing batu-batuan samping sungai menyerupai ukiran yang menawan, serta dengan air sungai yang jernih bakal membuat kamu betah untuk berlama-lama di tempat ini.

2. Sungai Maron


Sungai Maron merupakan salah satu wisata sungai yang terletak di Desa Darsono, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan. Lokasi wisata ini berjarak sekitar 25 km atau 1 jam perjalanan dari Kecamatan Pacitan.

Sungai ini juga disebut sebagai Sungai Amazon di Pulau Jawa, dengan pemandangan hutan di kanan dan kiri sungai, layaknya di Amazon. Atraksi yang disajikan dengan menyusuri sungai yang berhulu di Pantai Ngiroboyo, dan bagi kamu penyuka foto tempat ini menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan dan sayang apabila tidak diabadikan.

3. Sungai Niyama


Sungai Niyama adalah sungai yang berada di Desa Tumpak, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung dan tidak jauh dari Pantai Sidem dan Pantai Popoh yang berjarak 30 km dari pusat Kecamatan Tulungagung.

Sungai ini menyajikan pemandangan yang sangat indah dengan air yang begitu jernih dan batuan kapur yang menghiasi permukaan arus dan pinggir sungai. Sungai ini sangat cocok bagi kamu yang doyan foto dan selfie, dengan pemandangan sungai eksotis dan masih sangat alami.

4. Kali Cokel


Kali Cokel adalah salah satu destinasi wisata di Kabupaten Pacitan, atau terletak di Desa Watukarung, Kec. Pringkuku. Sungai memberikan pemandangan yang indah, tidak kalah dengan Sungai Maron yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat.

Selain itu letak dari Kali Cokel ini tidak jauh dari Sungai Maron dan berjarak sekitar 26 km dari Kecamatan Pacitan. Objek wisata ini juga menghadirkan wisata mengarungi sungai ini menggunakan perahu dayung untuk menikmati keindahan sungai.

5. Sungai Ngandul


Sungai Ngandul adalah salah satu dari tiga objek wisata sungai di Pacitan yang memiliki pemandangan indah antara sungai dan pantai. Wisata ini terletak sekitar 30 km dari pusat Kecamatan Pacitan dan tidak jauh dari Pantai Klayar yang sudah populer.

Berbeda dengan Sungai Maron dan Kali Cokel, tempat ini memberikan pemandangan indah sungai jernih yang menghadap ke Pantai Buyutan dan membentuk air terjun pantai.

Bagi kamu yang ingin menikmati pemandangan sungai dan laut sekaligus, tempat ini sangat cocok dan tentunya kamu harus mengabadikan foto tempat yang indah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

Categories

Archives