5 Hal Menarik dari Wisata Wakayama

Wakayama, ada yang sudah pernah dengar namanya? Lokasinya sama-sama di Kansai namun memang belum seterkenal Osaka dan Kyoto, padahal wisata Wakayama tak kalah menariknya dengan dengan dua tempat di Kansai tersebut.

Wisata Wakayama lebih banyak didominasi oleh wisata alam. Kontur bergunung-gunung dan pantai, kehidupan di Wakayama sangat tradisional, kultur sangat dijaga begitupun alamnya.

Orang-orang di Wakayama juga masih sangat sederhana, berbeda dengan kultur metropolis di Osaka, orang-orang Wakayama banyak yang tinggal di pedesaan atau pesisir pantai, menjadi petani atau nelayan.

Daerah-daerah yang masih alami di Wakayama membuat wisata Wakayama lebih cocok dinikmati sambil bersantai. Tapak bumi Wakayama sangat menantang karena jarak antar satu tempat ke tempat lainnya begitu jauh dengan kontur naik turun.

Bagi saya wisata Wakayama adalah wisata yang lain daripada yang lain. Wisata yang penuh tantangan, wisata yang cocok bagi penikmat tenang dan wisata yang akan membawa perspektif baru tentang Jepang.

Porto Europa

Ada beberapa tempat yang cocok bagi yang ingin menikmati wisata Wakayama untuk pertama kali, berikut beberapa di antaranya

1. Shirahama

Kota ini adalah kota resort, tempat tetirah dengan garis pantai yang sangat panjang. Letaknya di sisi selatan Wakayama dan menjadi salah satu kota resort terbesar di Jepang.

Pantai Shirahama

Keunikan Shirahama adalah walaupun ini adalah kota pantai, ya, garis pantainya sangat panjang, tapi juga dikenal sebagai kota onsen. Ada banyak sekali onsen dan setiap penginapan pasti memiliki onsen.

Ada maskot Shirahama yang terkenal yaitu Pulau Engetsu yang terletak di pesisir Shirahama, bentuknya seperti pintu. Jika datang pada saat matahari tenggelam maka bisa menikmati matahari tenggelam dari balik pulau ini.

Pulau Engetsu

Lalu yang kedua adalah Gua Sandanbeki. Sebenarnya Sandanbeki adalah bukit dengan karang yang sungguh tinggi dan diantara karang tersebut terdapat gua yang bisa dikunjungi oleh pengunjung.

Uniknya adalah untuk menjelajahi gua tersebut sudah disediakan lift untuk para pengunjung. Di masa lalu, gua ini menjadi markas rahasia Angkatan Laut Kekaisaran Jepang di era keshogunan.

Gua Sandanbeki
Gua Sandanbeki

Tempat ketiga yang sangat menarik di Shirahama adalah Senjojiki, yang artinya adalah 1000 tatami. Ini adalah sebuah tebing karang yang berlapis-lapis dan tampak seperti tatami. Tempat ini gratis untuk dikunjungi dan bisa menikmati panorama lepas pantai sebebas-bebasnya.

Senjokiji

Bisa dibilang Shirahama ini adalah the best-nya wisata Wakayama, segala macam fasilitas tersedia dan pemandangannya pun eksotis betul.

2. Adventure World

Ini adalah kebun binatang sekaligus amusement park. Lokasinya masih di sekitar Shirahama namun agak jauh dari garis pantainya. Adventure Park terletak di pegunungan dan jauh dari keramaian.

Mungkin bisa dibilang dari sekian banyak wisata Wakayama, wisata inilah yang tergolong wisata buatan dan tidak mengandalkan nuansa alam. Yang menarik adalah ada Panda di Adventure World dan bisa dibilang menjadi favorit pengunjung, juga ada pinguin dan juga ada Flamengo!

Panda di Adventure World
Flamengo di Adventure World

Saya menyarankan jika ingin ke Adventure World lebih baik pada saat weekdays. Kalau weekend masya allah ramainya minta ampun!

3. Porto Europe

Tempat wisata Wakayama ini terletak di Kota Wakayama yaitu di Wakayama Marina City. Lokasinya tidak jauh dari Stasiun Wakayama, mungkin bisa ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit.

Porto Europe adalah tempat bersantai tematik yang dibuat dengan gaya eropa jaman pertengahan. Jadi ada rumah-rumah kuno ala Italia atau Spanyol di Porto Europe. Selain berjalan mengelilingi Porto Europe, tersedia juga kostum yang bisa dipakai untuk berfoto.

Porto Europa
Porto Europa

Kawasan Porto Europe dan Wakayama Marina City ini menjadi favorit orang-orang Osaka yang ingin menikmati suasana pantai. Karena lokasinya tidak terlalu jauh dari Osaka.

4. Pasar Ikan Kuroshio

Karena letaknya di pesisir, banyak sekali orang-orang yang menjadi nelayan di Wakayama. Secara kultur memang Wakayama juga menjadi salah satu tempat masuknya ikan hasil pancingan di laut yang terkenal di Jepang dan di Pasar Ikan Kuroshio ini tersajilah segala macam jenis ikan hasil pancingan para nelayan-nelayan pemberani di Wakayama.

Lokasinya memang tidak besar, bahkan terkesan sederhana. Tapi sebutlah ikan apa, ada tersedia di Kuroshio.

Di samping pasar terdapat restoran yang menyajikan menu-menu ikan segar. Restorannya terletak di pinggir laut, jadi sembari menikmati pemandangan lepas pantai, kita bisa menikmati sajian lautnya. Menu sajian lautnya kebanyakan dibakar, mirip sate namun tanpa bumbu. Mulai dari cumi-cumi, kerang, gurita, ikan dan lain sebagainya.

Satu lagi yang menarik adalah pertunjukan membelah tuna. Pertunjukan ini diadakan setiap weekend, pagi dan siang. Tuna yang dibelah adalah tuna hasil tangkapan nelayan Wakayama yang baru saja merapat, masih segar dan berukuran besar.

Pertunjukan Memotong Tuna

Si pembelah tuna adalah orang yang disegani di Wakayama. Dari tuna yang berukuran besar akan diiris-iris sampai menjadi potongan-potongan kecil dalam waktu singkat, pisau yang dipakai juga beraneka rupa, mulai pisau besar hingga yang kecil.

Di akhir pertunjukan, sebagian daging tuna tersebut akan dibagikan kepada penonton untuk dimakan mentah-mentah!

5. Koyasan

Bagi saya ini adalah tempat paling menarik di Wakayama dan memang menjadi tempat yang harus saya kunjungi. Terletak di pelosok, Koyasan adalah tempat spiritual bagi para penganut Sekte Budha Singon.

Koyasan
Koyasan

Di Koyasan tidak ada penginapan, pengunjung harus menginap di kuil Budha yang berjumlah ratusan dan tersebar di seluruh Koyasan. Suasananya sangat magis dan memang menjadi tempat yang menarik untuk berkontemplasi.

Menghabiskan suasana di Koyasan adalah menikmati hari-hari penuh kesyahduan.

Masih banyak tempat wisat Wakayama yang bisa dikunjungi, 5 tempat yang saya kunjungi hanya sebagian kecil dari bagian Wakayama yang sangat luas. Bagi yang ingin mencoba petualangan baru, tempat yang masih eksotis dan alami, silakan kunjungi Wakayama, karena Kansai tidak melulu Kyoto dan Osaka, ada Wakayama.

 

sumber : https://www.efenerr.com/2017/03/03/wisata-wakayama/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *