10 Negara Transit Terbaik di Dunia, Banyak Fasilitas Gratis dan Seru!

0 Comments


Kapan lagi transit plus bisa jalan-jalan gratis

Penerbangan langsung dari Indonesia ke Eropa atau Amerika Serikat saat ini terbilang masih jarang. Untuk liburan ke negara tujuanmu, biasanya kamu akan menempuh penerbangan dengan sistem transit. Pilihan penerbangan transit pun cukup beragam.

Kamu bisa memilih sendiri lokasi transit berdasarkan waktu dan negaranya. Jika perjalananmu tidak begitu buru-buru, maka tidak ada salahnya kamu memilih waktu transit yang cukup lama berkisar 7-12 jam.

Takut bosan saat transit lama? Gak perlu khawatir lagi sih, beberapa negara telah menyediakan fasilitas khusus. Salah satunya adalah tur kota gratis yang saat ini sedang marak digalakkan. Tujuannya untuk menarik penambah kenyamanan para pelancong.

Penasaran negara mana saja yang akan menyediakan transit trip untukmu? Berikut ini 10 daftarnya.

1. Qatar


Jika kamu berkesempatan untuk transit di Doha, Qatar, maka kamu tidak boleh melewatkan layanan tur kota gratis yang tersendia. Layanan tur kota ini akan membawamu berkunjung ke Desa Budaya Katara, Pearl Qatar, dan Souq Waqif.

Tur kota ini tersedia 4 sesi mulai dari pukul 8 am, 11 am, 4 pm, dan 8 pm. Untuk memperoleh layanan ini, kamu harus menuju ke meja tur kedatangan di Bandara Internasional Doha.

Setelahnya, kamu akan mengantre dan mendapatkan layanan pemandu wisata berbahasa Inggris dan cemilan. Sekali tur hanya menyediakan 22 kursi, jadi kamu harus mengantre dengan baik. Seru banget kan?

2. Singapura


Bandara Internasional Changi merupakan salah satu bandara terbaik dan paling sibuk di dunia. Selain itu, bandara ini juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas mewah. Seperti layanan tur kota gratis untuk mereka yang sedang transit dalam waktu yang lama.

Fasilitas ini tersedia dari jam 8 pagi hingga 10 malam. Cara memperolehnya sangat mudah. Setelah mendarat, kamu bisa langsung menuju ke tempat pendaftaran Free Singapore Tour yang ada di terminal 2 dan 3.

Jika kamu mendaratnya di terminal 1, kamu hanya perlu menggunakan sky train menuju terminal 2 atau 3. Tur kota gratis di Singapura terdiri dari wisata kota dan wisata situs bersejarah.

Untuk wisata kota, kamu akan dibawa mengunjungi Singapore Flyer dan Marina Bay Financial Center. Sedangkan, untuk wisata situs bersejarah, kamu akan mengunjungi pesona Chinatown dan Little India.

3. Korea Selatan


Memiliki waktu transit 5-24 jam di Korea Selatan, kamu tidak perlu khawatir. Pemerintah Negeri Gingseng ini telah menyediakan layanan tur kota gratis dengan mendaftarkan diri di gates 25 atau 29 pintu kedatangan internasional Bandara Internasional Incheon.

Kamu juga dapat mendaftar tur gratis secara online dengan mengirimkan identitas diri ke email transittour@airport.kr.

Saat mendaftarkan diri, kamu akan melalui proses untuk memperoleh izin masuk non-visa. Setelahnya, kamu akan mendapatkan tawaran tur dari satu jam, 2 jam, hingga 5 jam. Tergantung seberapa lama waktu yang kamu miliki.

Tur selama satu jam akan mengujungi Kuil Haedong Yonggung. Sedangkan, tur 5 jam akan melancong keliling kota Seoul hingga Desa Hanch Bukchon, Istana Gyeongbok, Istana Changdeok dan Pasar Gwangjang.

Tidak perlu khawatir perlihal bahasa, tur ini menyediakan pemandu wisata berbahasa asing.

4. Turki


Tur keliling kota gratis di Turki berlaku bagi penumpang yang memiliki waktu transit 6-24 jam. Untuk memperoleh layanan gratis ini sama sekali gak ribet lho.

Kamu hanya perlu datang ke Hotel Desk di pintu kedatangan internasional Bandara Ataturk, 30 menit sebelum keberangkatan tur. Turnya terdiri atas beberapa waktu perjalanan, yaitu 08.30 sampai 11.00, pukul 9.00 sampai 15.00, pukul 16.00 sampai 21.00.

Dengan waktu sekitar 3 jam ini, kamu akan diajak berkeliling melihat keindahan Instanbul. Selain itu, kamu akan mengunjungi Masjid Biru, Air Mancur Jerman, Kolom Serpentine, Obelisk Theodosius, Instana Topkapi.

Layanan tur ini juga menyediakan makan siang di berbagai restoran ternama dengan menu masakan khas Ottoman. Dan tentunya semua layanan ini gratis.

5. Republik Tiongkok


Taiwan pun menyediakan fasilitas tur gratis untuk para wisatawan. Pendaftaran tur ini tersedia di pintu kedatangan internasional Bandara Internasional Taoyuan, Taiwan.

Segera setelah mendarat, kamu dapat mendatangi Tourist Service Centres di lobi T1 dan T2. Turnya terbagi atas tur pagi yang dimulai pukul 8.00 lalu, kembali ke bandara pukul 13.00. Sedangkan tur siang pukul 13.30 hingga 18.30.
Destinasi yang akan dikunjungi adalah Pusat Kerajinan Wagashi, Kuil Zushi dan Pusat Budaya Shou Xin Fang. Tur sore akan memiliki destinasi yang berbeda yaitu ke National Chiang Kai Shek, Memorial Hall, dan Kuil Lungshan di Manka.

Tur ini hanya menyediakan 18 kursi setiap perjalanan. Jadi kamu harus siap-siap bersaing mendapatkan kursi bersama penumpang transit yang lain.

6. Amerika Serikat


Mungkin negara bagian Amerika Serikat satu ini tidak pernah terpikirkan oleh wisatawan. Namun, Utah kini mulai menggencarkan promosi wisata mereka. Jika kamu mendapatkan kesempatan transit di Bandara Salt Lake City, Utah. Kamu tidak boleh melewatkan kunjungan tur gratis ke Temple Square.

Kamu hanya perlu mendatangi pusat informasi yang berada di T1 atau T2. Petugas akan menjelaskan tentang jadwal keberangkatan tur. Menariknya, bus akan tersedia sepanjang waktu, jadi kamu bisa dengan bebas memilih jadwalnya.

7. Jepang


Tidak hanya untuk liburan, Jepang juga negara terbaik untuk transit. Tur ini tersedia di meja informasi yang ada di T1 dan T2 Bandara Internasional Narita.

Jika negara lain menyediakan bus sendiri untuk tur kotanya, maka Jepang akan sangat berbeda. Kreatifnya, pemerintah Jepang justru membuatmu bebas memilih transportasi umum yang ingin kamu gunakan selama tur. Seorang pemandu wisata akan menemani selama perjalanan.

Tur terbagi menjadi tiga, yaitu tur pertama dengan rute Kuil Narita-san Shinsho-ji, Narita-san Park, dan Omotesando. Tur kedua akan keliling Museum Ilmu Aeronautika dan tur ketiga berkunjung ke pedesaan Jepang.

Selain itu, masih ada tambahan tur belanja mandiri tanpa pemandu. Jadi kamu hanya akan diberikan tiket bus antar jemput yang akan menurunkan di beberapa outlet belanja terbaik di Jepang, seperti Outlet Preimum Shisui atau AEON Mall Narita.

8. Uni Emirat Arab


Apa yang kamu perlukan, semua ada di UEA. Begitulah slogan yang sering digunakan pemerintah UEA untuk menarik minat para wisatawan.

Pesona Abu DHabi hingga Dubai memang tidak terbantahkan sih. Salah satu negara dengan bandara paling sibuk di dunia adalah Bandara Internasional Abu Dhabi.

Bandara ini melayani ratusan rute transit setiap harinya. Hal itulah yang kemudian membuat pemerintah semakin peduli dengan para penumpang transit.

Saat berada di bandara, kamu bisa langsung mendapatkan informasi tur kota dengan mengunjungi pusat informasi. Terdapat jadwal dan catatan khusus bagi pelancong internasional.

Dengan mengikuti pemeriksaan dan aturan memperoleh visa kunjungan singkat secara gratis, kamu bisa langsung menaiki bus yang disediakan dan berkeliling melihat kemewahan Abu Dhabi.

9. Oman


Beberapa tahun terakhir, pemerintah Oman memang sedang gencar jumlah kunjungan turis dan penerbangan internasional. Hal itulah yang membuat munculnya layanan tur gratis untuk wisatawan yang sekedar transit.

Setelah tiba di Bandara Internasional Muskat, kamu bisa langsung menuju pusat informasi. Mereka akan meminta bukti tiket penerbangan dan identitasmu.

Setelahnya, kamu akan memperoleh jadwal tur. Jika kamu beruntung saat transit hingga 24 jam, kamu bisa memperoleh kunci kamar hotel juga lho.

Destinasi tur yang disediakan adalah Masjid Agung Sultan Qaboos, Royal Opera House, Pantai Kurum, dan pusat kota Muskat. Kamu bisa menyesuaikan jadwal yang telah tersedia di pusat informasi.

10. Islandia


Transit di Islandia memang tidak begitu populer di Asia. Namun, lokasi transit satu ini sangat sering dilalui bagi yang melakukan penerbangan dari Eropa ke Amerika Selatan mau pun sebaliknya.

Jika berkesempatan berada di Bandara Internasional Reykjavik, sempatkanlah menikmati tur gratis mengunjungi gereja Hallgrimskirkja dan Blue Lagoon yang disediakan layanan tur keliling kota gratis.

Nah, transit gak bakal membosankan seperti yang kamu pikir deh. Kapan lagi kamu bisa keliling kota gratis dengan waktu yang singkat tanpa mengganggu jadwal liburanmu, ya kan? Sesekali kamu harus menikmati transit trip. By the way, Indonesia kapan punya layanan tur gratis kayak gini ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

Categories

Archives