10 Kota Paling Nyaman di Dunia, Kamu Pengin Tinggal di Mana?

0 Comments


Bikin betah tinggal di sini

Apakah kamu merasa kota yang kamu tinggali sekarang sudah nyaman? Ada beberapa indikator yang menjadi penilaian sebuah kota itu nyaman atau tidak, antara lain stabilitas, kesehatan, budaya dan lingkungan, pendidikan, serta infrastruktur. Melansir dari laporan tahunan The Economist Intelligence Unit, ada beberapa kota yang dianggap paling baik atau buruk untuk ditinggali.

Dalam laporan The Global Liveability Index 2018, mereka menyebutkan secara keseluruhan tingkat kenyamanan semua kota yang disurvei naik 0,9 persen dari tahun lalu. Dari 140 kota yang disurvei, inilah 10 kota paling nyaman di dunia.

1. Vienna, Austria


Vienna atau Wina merupakan ibu kota Austria yang sukses menggeser Melbourne sebagai kota paling nyaman di dunia. Menurut The EIU, tingkat kenyamanan Vienna telah meningkat drastis selama enam bulan terakhir. Secara keseluruhan Vienna mendapatkan nilai 99,1 dari 100.

Adapun rincian penilaian yang didapatkan Vienna, yakni stabilitas 100, kesehatan 100, pendidikan 100, infrastruktur 100, lalu budaya dan lingkungan 96,3.

2. Melbourne, Australia


Melbourne turun satu peringkat setelah bertahan selama tujuh tahun. Nilainya tidak beda jauh dengan Vienna, dengan total 98,4. Hasil penilaian Melbourne antara lain stabilitas 95, kesehatan 100, pendidikan 100, infrastruktur 100, lalu budaya dan lingkungan 98,6.

3. Osaka, Jepang


Terletak di Pulau Honshu, Osaka merupakan kota terpadat ketiga setelah Tokyo dan Yokohoma. Meningkatnya indeks kenyamanan Osaka ditandai dengan tingkat kejahatan yang terus menurun disertai layanan umum yang semakin membaik. Apalagi jumlah penduduk Osaka dianggap The EIU lebih sedikit dibandingkan kota besar lainnya, seperti London, New York, dan Paris.

Osaka mendapatkan nilai 97,7 dengan rincian stabilitas 100, kesehatan 100, pendidikan 100, infrastruktur 96,4, serta budaya dan lingkungan 93,5.

4. Calgary, Kanada


Bukan jaminan negara kaya bisa menghasilkan kota yang nyaman. Sebagian besar kota terbaik dalam daftar ini didominasi kota yang tingkat kekayaannya menengah. Di sisi lain, mereka juga diuntungkan dengan kepadatan penduduk yang relatif lebih rendah.

Hal tersebutlah yang dirasakan Jepang dan Kanada, termasuk Calgary. Mereka mampu berkembang tanpa takut tingkat kejahatan meningkat atau terbeban biaya infrastruktur. Calgary dinilai mempunyai stabilitas 100, kesehatan 100, pendidikan 100, infrastruktur 100, budaya dan lingkungan 90, sehingga nilai rata-ratanya 97,5.

5. Sydney, Australia


Inilah alasan mengapa banyak orang ingin berwisata atau sekolah ke Australia. Pasalnya, Australia dikenal mampu menciptakan banyak kota yang nyaman dan aman. Bahkan menurut PBB, kualitas hidup di Australia masuk dalam 10 besar terbaik. Menawarkan lingkungan yang nyaman, bersih, dan aman disertai gaji yang tinggi.

Gak beda jauh dari Melbourne, nilai rata-rata Sydney adalah 97,4. Adapun rinciannya, stabilitas 95, kesehatan 100, pendidikan 100, infrastruktur 96,4, serta budaya dan lingkungan 94,4.

6. Vancouver, Kanada


Vancouver merupakan kota pesisir yang terletak di Lower Mainland British Columbia, Kanada. Sebagai kota terpadat ke-3, Vancouver dikenal sebagai salah satu papan atas di dunia pendidikan. Selama 30 tahun terakhir, imigrasi telah meningkatkan kualitas kota secara dramatis.

Walaupun tahun ini turun tiga peringkat, nilai rata-ratanya tetap sama, yakni 97,3. Tidak ada perubahan nilai dari The EIU, stabilitas 95, kesehatan 100, pendidikan 100, infrastruktur 92,9, kemudian budaya dan lingkungan 100.

7. Toronto, Kanada


Hal yang sama dirasakan Toronto yang turun tiga peringkat dengan nilai yang sama pada tahun lalu. Toronto mendapatkan nilai rata-rata 97,2 dengan stabilitas 100, kesehatan 100, pendidikan 100, infrastruktur 89,3, sementara budaya dan lingkungannya mencapai 97,2.

8. Tokyo, Jepang


Tokyo merupakan pusat bisnis di Jepang sekaligus berperan sebagai ibu kota. Lebih dari 12 juta orang tinggal di sini, belum termasuk pekerja dari kawasan lain. Hebatnya, Tokyo mampu menjadikan kotanya sebagai salah satu yang paling nyaman di dunia.

Bukan hal baru jika kota metropolitan mempunyai tingkat kemacetan dan kejahatan yang tinggi. Namun, menurut hasil survei The EIU, masalah yang terjadi di Tokyo mampu mereka atasi dengan baik agar tetap nyaman bagi penduduknya.

Tak ayal Tokyo mendapatkan nilai rata-rata 97,2, stabilitas 100, kesehatan 100, pendidikan 100, infrastruktur 92,9, kemudian budaya dan lingkungan 94,4.

9. Kopenhagen, Denmark


Kopenhagen sangat menjaga kualitas lingkungannya dengan menjadikan sepeda sebagai transportasi utama. Suasana kotanya juga sangat mendukung dengan tatanan kota yang cantik. Maka dari itu, akhirnya Kopenhagen bisa masuk ke dalam daftar 10 besar kota paling nyaman di dunia.

Kopenhagen memiliki nilai stabilitas 95, kesehatan 95,8, pendidikan 100, infrastruktur 100, serta budaya dan lingkungan 95,4. Secara keseluruhan hasil yang didapatkan Kopenhagen adalah 96,8.

10. Adelaide, Australia


Terakhir ada Adelaide yang menjadi kota terbesar di negara bagaian Australia Selatan. Dilengkapi dengan bulevar yang lapang dan taman rimbun, Adelaide dikenal sebagai kota festival Australia. Banyak hal menarik yang bisa kamu temukan di sini, seperti makanan lezat, bar, dan kawasan anggur terbaik di Australia.

Adelaide mendapatkan total nilai 96,6, dengan stabilitas 95,5, kesehatan 100, pendidikan 100, infrastruktur 100, budaya dan lingkungan 94,2.

Itulah 10 kota paling ideal untuk hidup menurut The Economist Intelligence Unit. Mana negara yang paling pengin kamu kunjungi, atau sekadar kamu singgahi untuk liburan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

Categories

Archives